Sabtu, 01 September 2012

Perekam Mouse

     Jika anda lihat, saat ini cukup banyak cara belajar/tutorial yang dibuat dengan format video. Semua gerakan mouse, gambar yang tampil dilayar dan bahkan suara juga direkam, sehingga memudahkan orang lain belajar. Screen recording, adalah proses merekam aktivitas layar komputer. Mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengetahuinya, Nah mari kita ulas sedikit tentang software Screen recording ini. Cara mebuatnya, menyimpannya dan memyebarkannya untuk orang lain.  
 
Pertama software ini untuk siapa saja?
Nah mungkin postingan yang seperti ini cocok dengan anda yang bergerak dalam bidang:
  1. Pendidikan, yang ingin meringkas waktu mengajar anda dengan membuat tutorial dan memutarnya kembali rekaman anda, sehingga mahasiswa mudah untuk mengikuti dan memahami proses urutan kerja atau tutorial.
  2. Para pembuat tutorial yang ditujukan untuk umum seperti tutorial memahasi suatu software, membuat program, menjalankannya atau bahkan membuat blog, membuat email dan sebagainya. Seperti yang sering kita dapatkan di toko buku saat ini seperti : Belajar sendiri Lengkap dengan Video Tutorial, bayangkan pasti yang membaca sepintas akan lebih tertarik untuk membeli buku ada karena yang pasti mereka akan medapatkan tidak hanya teks dan membaca saja, namun juga ikut menyaksikan video gerakan dilayar, mouse yang pastinya akan sangat membantu mereka.
  3. Mungkin anda sendiri sangat suka membuat hal yang berguna untuk orang lain, sehingga perlu membuat metode untuk mempermudah penjelasan anda.
Kedua, bagaimana membuatnya?
Tentunya ada perlu memiliki softwarenya, untuk saat ini Windows XP belum menyertakan software seperti ini, semoga saja segera ditambahkan pada Windows XP. Jika belum, maka anda bisa menggunakan beberapa software. Untuk saat ini Plato Screen Recorder, Setelah mencobanya, software ini tidak kalah dengan yang berbayar dan hasilnya juga lumayan.

Penggunaannya?
Cukup Mudah, anda cukup mencobanya beberapa kali dan pasti bisa dengan cepat membuat sebuah tutorial yang menarik.
  1. Jalankan program Plato Screen Recorder, Klik gambar videocam.
  2. Tekan dan geser sesuai keinginan anda (membuat area dilayar yang akan direkam).
  3. Dan jalankan pekerjaan anda, jika sudah tekan stop atau klik kanan pada tray icon -STOP.
  4. Save hasil kerjaan anda dan upload pada webhosting yang Gratis.
Bagi anda yang sudah membuat tutorial yang menarik untuk pembaca lainnya, anda bisa tinggalkan komentar untuk ikut melihat hasil kerja anda, sertakan link untuk download setelah anda upload. Contohnya anda bisa download (klik) hasil rekaman dari Plato screen recorder (bentuk exe).

Download Plato Screen Recorder here.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar